MALANG – KIM LESTARI – Salah satu potensi yang dimiliki Kim Lestari adalah produk iwak peyek. Produksi sudah cukup bagus dipasarkan ke beberapa toko dan sekolah terdekat, di lingkungan Kelurahan Tunungsekar. Dua macam hasil produksi yaitu iwak peyek teri dan peyek kacang tanah. Keunikan produk iwak peyek ini, tidak menggunakan MSG, sebagai penyedap menggunakan daun jeruk purut dan ebi.

Pelatihan dilaksanakan pada bulan Desember 2014, dihadiri seluruh anggota KIM Lestari, Acara dibuka oleh Kepala Kelurahan Tunjungsekar Bambang, tema yang diusung adalah peluang kelompok perajin iwak peyek. Pelatihan ini mendapatkan dukungan dana dari DP2M melalui program IBM tahun 2014.

Menurut Ibu Rais pemilik produk, bahan untuk membuat iwak peyek adalah : tepung terigu, tepung kanji, telur, bumbu empon-empon, ikan teri dan kacang tanah. Produk iwak peyek tidak tahan lama. Pengepakannya masih sederhana. Menggunakan plastik tipis. Perekatnya menggunakan lilin.

Harapan untuk meningkatkan produksi cukup tinggi. Kata Ketua KIM Lestari B. Prihatminingtyas, pelatihan dapat terlaksana atas kerja sama antara LPPM Universitas Tribhuwana Tunggadewi dengan KIM Lestari. Ibu Rais sebagai pengusaha iwak peyek mendapatkan bantuan pralatan seller. (Yohana/ Kim Lestari)

Capture

Perajin Iwak Peyek Mendapat Alat dari UNITRI