Bangun iklim kondusif

MALANG – KIM LESTARI Kalangan usaha- mikro belakangan ini cukup sulit, adanya kenaikan harga sebagai akibat kenaikan BBM. Walaupun saat ini harga BBM sudah turun, namun harga barang kebutuhan di pasaran tidak juga turun.

Pengusaha tidak boleh pantang menyerah pada keadaan. Berusaha kreatif, inovatif, dan berani mengambil keputusan, dalam situasi yang sulit untuk menekan resiko kerugian. Usaha kecil menjadi salah satu kegiatan ekonomi kerakyatan yang masih menjadi andalan dalam memacu pertumbuhan ekonomi, menyerap tenaga kerja dan menjadikan masyarakat semakin berdaya.. Lokasi usaha di Jln Simpang Piranha atas Kelurahan Tunjungsekar Kecamatan Lowokwaru.

Produk krispy ikan asin milik Bu Rapiah menggunakan bahan dari ikan asin. Produk krispy ikan asin dipasarkan dengan harga yang ditawarkan sebesar Rp.2000,- per plasitik. Secara spesifik usahanya sangat sederhana, pengelolannya sangat sederhana, pengelolaan adonan menggunakan tangan, ikan setelah dicuci dipotong menjadi 2 bagian tipis memanjang, selanjutnya dimasukan dalam adonan tepung terigu yang sudah diberi campuran bumbu, satu persatu kemudian digoreng dalam wajan menggunakan minyak goreng yang panas. Pengelolaaanya masih tradisional dan kemasannya kurang menarik dan mudah hancur untuk melengketkan plastik menggunakan lilin.

2

Anggota KIM LESTARI dan Lurah Tunjungsekar setelah pelatihan

Produksinya belum mempunyai label dan ijin Depkes sehingga daerah pemasarannya hanya sekitar tempat tinggal dan warung terdekat. Dalam berusaha belum mengenal pembukuan keuangan artinya keuntungan yang diperoleh dari hasil penjualan hanya langsung dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Usaha makanan ini bermula dari skala rumahan untuk mengisi waktu kosong, lama kelamaan berubah menjadi usaha yang dapat menambah penghasilan dan ternyata masih memiliki peluang bisnis yang sangat besar dan sangat menarik.

Dalam rangka untuk meningkatkan produksi. Ketua KIM Lestari B. Prihatminingtyas.Melakukan kerja sama dengan LPPM Universitas Tribhuwana Tunggadewi untuk memberikan pelatihan Program ini merupakan kerjasama yang saling menguntungkan antara Universitas Tribhuwana Tunggadewi. (Tin/ Kim Lestari)